Loading...

MELIHAT APA YANG TIDAK TERLIHAT

Berada dalam industri People Helper atau Hipnoterapis membuat kita perlu melatih kepekaan pada diri dan terutama pada klien, karena hadirnya seorang klien dalam kehidupan kita bukan tanpa, banyak beribu alasan.

Ada klien yang hadir karena butuh masukan dan solusi untuk menyelesaikan masalahnya, ada yang datang karena butuh dikuatkan ego personilitinya, ada yang muncul karena konflik dan butuh rekonsiliasi secara internal atau eksternal, dan bisa jadi datangnya klien adalah cara semesta untuk membuat kita jadi bermakna.

Posisi hipnoterapis adalah melihat apa yang tidak terlihat oleh klien karena kerumitan berpikir mereka, adanya blind spot atau memang belum memiliki keterampilan kognitif dan strategi coping yang baik.

Hal yang sederhana perlu dilakukan adalah dengan bertanya, apa tujuan akhir yang ingin dicapai, apa hal yang sudah dilakukan, apa yang berhasil dan tidak, sumber daya apa yang mereka miliki dan bagaimana kesiapan mereka menerima konsekuensi dan perubahan dari suatu pilihan.

Dan ketika semua informasi telah masuk lalu klien siap dan komitmen menjalani proses terapi, maka intervensi berbentuk katarsis, explorasi, imajinasi, visualisasi dan sugesti siap diberikan, tinggal nanti seorang hipnoterapis dan klien memutuskan mana pilihan terapi yang tepat, yang jelas untuk sementara agar semua bisa terjadi kita perlu mengajak klien mengambil jarak dengan dirinya sendiri.

Menjadi hipnoterapis bukan pilihan tetapi terpilih, entah diposisi mana nanti kita berada, apakah hanya untuk diri sendiri dan keluarga, atau berhadapan pada situasi klinis, dimana kita berhadapan langsung pada fenomena distorsi kognitif atau psikologis, yang jelas ada titik dimana kita menggunakan hipnosis sesuai dengan apa yang kita minati, yang jelas semakin kita membaca dan berlatih, semakin meningkat keterampilan kita tentang aplikasi hipnosis.

Dan semakin meningkat keterampilan kita berkomunikasi atau menggunakan teknik hipnosis, semakin peka kita melihat apa yang tidak terlihat oleh klien berdasarkan kebutuhan mereka untuk berubah.

Sisi yang kita lihat adalah klien memiliki keunikan untuk mencari solusi, memiliki kecerdasan untuk bertumbuh dan mempunyai keberanian untuk berkembang secara ekologis, dan tugas kita menstimulasi sumber daya mereka agar mau menggunakannya untuk mereka sendiri.

So, sebagai pembelajar Indonesian Hypnosis Centre terus belajar, berlatih dan berpraktik adalah cara untuk mempertajam pisau hipnosis dan komunikasi.

Semoga Bermanfaat dan Terima kasih

Salam Pembelajar dan Salam Hipnosis.

Yusdi Lastutiyanto Cht (IACT-USA).,CI

Pembelajar Hipnosis

Kategori: Hipnosis