Loading...

MANTRA DAN SUGESTI DIRI?

Seperti kita ketahui mantra adalah pernyataan pendek berirama yang menggunakan kata-kata positif dan membangkitkan semangat dan menciptakan pola pikir yang positif dan membangkitkan semangat.

Mantra telah digunakan selama berabad-abad di berbagai agama dan budaya untuk membantu individu menetapkan niat tentang apa yang ingin mereka ciptakan dalam hidup, mantra juga dipercaya bisa memberikan efek penyembuhan dan pencerahan. Di beberapa keyakinan melafalkan mantra mungkin merupakan jenis latihan meditasi yang pertama.

Mantra sejatinya jika mau dikaitkan dengan kajian hipnosis, adalah tentang sugesti diri, self hypnosis, self talk atau Auto suggestion dan pemberian sugesti untuk orang lain, sebab apa yang diucapkan bertujuan untuk mempengaruhi diri dan orang lain atau keadaan tertentu.

Praktek mantra sudah digunakan oleh para leluhur kita di Indonesia, mantra juga adalah salah satu kajian dimana kata memiliki makna yang bisa merubah keyakinan atau cara pandang.

Menurut kamus kata mantra jika mau diterjemahkan secara bebas adalah "alat pikiran". Mantra digunakan sebagai instrumen untuk membebaskan pikiran Anda dari stres, keraguan, dan ketakutan dan menggantinya dengan pikiran yang positif dan mempengaruhi untuk bertindak positif.

Jika kita mau kaji dengan tema self hypnosis yang dipelajari di Indonesian Hypnosis Centre (IHC), konsep mantra berhubungan dengan sugesti verbal dan visualisasi, jadi kita membahasakan apa hal yang kita harapkan terjadi dalam kehidupan kita dimasa depan.

Mantra di anggap bisa memberikan getaran pada rasa dan melatih kepekaan, dan dari dulu sampai saat ini Mantra tetap jadi pilih psikoterapi sederhana yang digunakan untuk untuk mempercepat efek penyembuhannya dalam hidup Anda dan harua diakui mantra dapat bekerja pada tingkat fisik, mental / emosional, dan spiritual.

Coba kita kaji bahwa mantra adalah kata yang memiliki makna subjektif bagi penggunanya berdasarkan keyakinan atau budaya yang dipahami seseorang.

Di Islam kita kenal Ruqyah, dimana pengobatan menggunakan bacaan Al-Quran yang mengandung makna mencerahkan yang mempengaruhi pikiran dan hati seseorang.

Di suku Indian mantra dan gabung dengan gerakan ritual tertentu sehingga memberikan efeknya kegembiraan atau penyembuhan yang disebut Shamanic healing.

Mantra ada juga yang balut dengan gerakan tertentu seperti Yoga, dalam bentuk meditasi gerak atau pikiran.

Bahkan saat ini mantra atau sugesti sering digunakan dalam somatic therapy, seperti tapping untuk melepaskan emosi negatif, dan banyak lagi.

Sejak dulu nenek moyang kita menggunakan mantra untuk memberikan sugesti, ide saran dan pengaruh, mantra yang diucapkan oleh otoritas atau ketua adat.

Di Indonesia ada juga yang membalut mantra dengan asap kemenyan, objek tertentu, ramuan tradisional, mandi kembang dan praktik ini digunakan oleh sebagian paranormal sehingga bisa menciptakan efek tertentu terhadap seseorang.

Adalagi kajian yang menggunakan mantra atau sugesti pada bagian tubuh tertentu, dengan memfokuskan pada bagian tubuh yang tidak seimbang atau sakit sehingga terjadi perbaikan sel, di western sering disebut Inner healing within.

Sejatinya kata memiliki makna yang yang bisa memberikan stimulus atau respon tertentu terhadap pikiran dan tubuh.

Pendekatan barat dan timur hampir mirip dalam terapi berbasis kognitif atau somatic, yaitu menggunakan mantra atau sugesti sehingga efek teurapetiknya mengena pada klien.

Lalu bagaimana mantra diucapkan?

Konsep repetisi bisa membuat hasil efektif dan untuk beberapa praktik sugesti yang diulang-ulang sering dikaitkan dengan tema money magnet, law of attraction, ketenangan jiwa dan niat perubahan, bergantung siapa yang menggunakannya.

Lalu bagaimana melatihnya?

Karena mantra juga adalah sugesti diri, maka kita bisa berlatih dengan mantra sederhana, misalnya;

"Hari ini adalah hari yang Indah dan saya merasakan keberkahan dan keberlimpahan hidup."

Ucapkan mantra ini dengan memejamkan mata atau melihat ke kaca, lakukan visualisasi, hayati setiap kata yang terucap dan rasakan itu menyatu dengan diri. Anda bisa mengucapkannya berulang-ulang senyamannya, dengan keras atau dalam hati, dan bayangkan itu sudah terwujud.

Sekian kajian singkat ini bahwa kekuatan kata-kata bisa memberikan perubahan dalam hidup.

So, apa Mantra Anda hari ini?


Semoga Bermanfaat dan Terima kasih

Salam Pembelajar dan Salam Sugesti


Yusdi Lastutiyanto Cht., CI

Pembelajar Hipnosis


Sumber Bacaan :

1. Tanaaz Chubb. My Pocket Mantras: Powerful Words to Connect, Comfort, and Protect.

2. Prasetya M Brata. Mantra

3. Deddy Corbuzier. Mantra

Kategori: Hipnosis