Loading...

SAAT MENERIMA, KREATIVITAS DIRI BERPOTENSI MUNCUL

"Saya mengerti bahwa perubahan itu pasti. Saya menerima perubahan

dan beradaptasi dengannya." -Emile Coue


Banyak cerita dimana seseorang mengalami perubahan dalam hidupnya ketika menerima apapun yang terjadi, karena mereka menyadari bahwa apa yang telah dilalui atau sedang dilalui punya hikmah positif dan memunculkan keterampilan hidup yang baru untuk digunakan dimasa depan. 


Terkadang tema-tema perubahan pada diri atau karena pengaruh external adalah apa yang tidak kita bisa rubah proses dan hasilnya, yang bisa rubah adalah respon dan sikap terhadap perubahan itu. 


Sikap menerima bukan berarti diam, tapi bergerak secara aktif untuk merancang respon, sehingga perilaku yang muncul adalah memperbaiki diri dan menambah pola yang memberdayakan, hal ini adalah pelengkap dari konsep penerimaan, yaitu komitmen untuk melangkah. 


Jika kita bahas tentang kajian pemaafan atau Forgiveness Therapy, kata yang muncul pertama kali bukanlah tentang memaafkan, tapi penerimaan, yaitu dengan menerima apapun yang terjadi adalah sebuah ketetapan, justru saat kita menolak kehadiran sebuah perubahan, semakin sulit kita memaafkan. 


Konsep dan bentuk terapi pemaafan, bisa dilengkapi dengan terapi penerimaan dan komitmen, terapi realitas, terapi emosi, terapi perilaku dan terapi skema, jika dalam proses menterapi diri kita yakin dan optimistis bahwa dengan menerima bisa berdampak pada perbaikannya diri, maka kreatifitas untuk membuat pola baru dalam hidup berpotensi muncul untuk digunakan ketika beradaptasi dengan perubahan. 


Semoga Bermanfaat dan Terima kasih. 


Salam Hipnosis dan Salam Pembelajar. 


Yusdi Lastutiyanto Cht.,CI

Pembelajar Hipnosis

Jakarta, 5 Februari 2021

Kategori: Hipnosis